"Gas adalah salah satu hasil bumi yang berpengaruh besar terhadap kualitas kehidupan suatu bangsa. Oleh sebab itu, adalah suatu kehormatan bagi kami untuk dapat berperan di industri gas nasional yang terus berkembang."

Djauhar Maulidi, Direktur Utama
Tentang | RUKUN RAHARJA

Tentang RUKUN RAHARJA

Sekilas Tentang RAJA

PT Rukun Raharja Tbk yang kini dikenal sebagai perusahaan penyedia energi terintegrasi dari hulu ke hilir berdiri pada 24 Desember 1993. Perjalanan Perseroan bermula dari bisnis properti (real estate). Seiring perkembangan usaha, pada 22 Januari 2003, Rukun Raharja resmi terdaftar sebagai Perusahaan Terbuka melalui pencatatan saham di Bursa Efek Surabaya (kini menjadi Bursa Efek Indonesia) dengan kode saham RAJA. Sejak saat itu, Perseroan aktif melakukan Penawaran Umum Terbatas sebagai bagian dari upaya memperkokoh struktur permodalan.Pada tahun 2004, Perseroan melakukan ekspansi bisnis ke bidang jasa logistik dan pengelolaan pelabuhan di Sulawesi Utara.

Hingga akhirnya pada tahun 2010, Perseroan pun beralih menjadi penyedia energi terintegrasi dari hulu ke hilir yang fokus menjalankan empat pilar bisnis utama, yaitu Infrastruktur Gas, Perdagangan Gas, Pembangkit, dan Bisnis Hulu Energi. Saat ini Perseroan terus mengembangkan bisnisnya di bidang energi, antara lain melalui akuisisi usaha terkait empat pilar bisnis utama maupun pengembangan dan pembangunan proyek dalam industri sejenis dan turunannya.

Dari waktu ke waktu, Rukun Raharja senantiasa menjunjung tinggi komitmennya untuk membangun sinergi penyediaan energi secara berkelanjutan. Sinergi ini mencakup perdagangan gas, transportasi gas, serta pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas gas. Perseroan percaya bahwa penyediaan energi bersih secara terintegrasi akan mendukung pertumbuhan usaha di masa mendatang.

 


Klik gambar untuk melihat lebih besar

INFRASTRUKTUR GAS

Berbekal pengalaman panjang di bidang energi, Rukun Raharja diakui sebagai perusahaan perdagangan gas swasta pertama dan terbesar di lingkup nasional. Oleh karena itu, Rukun Raharja akan terus meningkatkan kompetensi di bidang penyediaan energi, terutama gas bumi, melalui penerapan teknologi dan ilmu pengetahuan terkait

PERDAGANGAN GAS

Rukun Raharja fokus mengembangkan dan mengoperasikan Infrastruktur gas terintegrasi berstandar internasional sebagai upaya pengembangan dan pemerataan fasilitas dan infrastruktur gas.

PEMBANGKIT LISTRIK

Rukun Raharja terus berpartisipasi dalam upaya pembangunan pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) guna mendukung target bauran energi nasional Pemerintah pada tahun 2025.

HULU ENERGI

Perkembangan Blok Cepu, yang kini berkontribusi terhadap 30 persen cadangan produksi minyak nasional, tidak luput dari perhatian Rukun Raharja. Di tahun 2018, melalui akuisisi DSME ENR Cepu, Perseroan mendirikan PT Raharja Energi Cepu. Dengan demikian, Rukun Raharja memiliki participating interest di blok paling menjanjikan